Rabu, 17 Februari 2010

JARINGAN WAN

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Tujuan dari jaringan komputer adalah:
- Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
- Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
- Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Berdasarkan skala :
Personal Area Network (PAN)
Campus Area Network (CAN)
Local Area Network (LAN)
Metropolitant Area Network (MAN)
Wide Area Network (WAN)
Grobal Area Network (GAN)

KONSEP JARINGAN KOMPUTER

adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain.


JARINGAN WAN (WIDE AREA NETWORK)

Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Jaringan komputer yang mencakup wilayah geografi yang luas, dan memanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon. Jaringan ini menggunakan modem dan jaringan internet dari kantor pusat ke kantor cabang, maupun antar kantor. Dengan sistem jaringan ini, biaya yang dikeluarkan relatif murah. Sistem jaringan internet ini dapat menggunakan jaringan internet yang ada yang memungkinkan terhubungnya PC stand alone / notebook yang berada di lain kota atau negara. Jaringan internet termasuk dalam jaringan WAN, begitu juga jaringan ATM dari bank nasional di Indonesia termasuk dalam jaringan WAN juga.

GAMBAR JARINGAN WAN (WIDE AREA NETWORK)





0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates